https://jabar.times.co.id/
Kopi TIMES

Strategi Desain Kemasan untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Senin, 01 Juli 2024 - 10:21
Strategi Desain Kemasan untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Risa Meutia Fiana, STP, MP, Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas

TIMES JABAR, PADANG – Kemasan tidak hanya berfungsi untuk melindungi produk, tetapi juga memegang peranan penting dalam persepsi pelanggan terhadap merek. Kemasan sebaiknya dirancang dengan baik untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan dan membangun loyalitas sehingga dapat meningkatkan penjualan sebuah produk. Strategi desain kemasan yang efektif dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Strategi yang dapat dilakukan yaitu fokus terhadap fungsional dan kepraktisan. Kemasan yang memiliki desain yang fungsional dan praktis sangat diminati oleh pelanggan. Desain yang memudahkan dalam penyimpanan, penggunaan, pembukaan dan penutupan produk kembali dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Misalnya, pada kemasan mudah dibuka dan ditutup kembali jika produk belum habis, kemasan mudah untuk digenggam dan kemasan memungkinkan untuk memperoleh produk pada tetesan terakhir. 

Strategi selanjutnya yaitu merancang kemasan dengan menarik dan unik. Desain kemasan yang menarik dan unik dapat menarik perhatian pelanggan di rak toko yang banyak terdapat produk sejenis. Warna, bentuk dan tipografi yang dipilih semenarik mungkin sehingga produk lebih menonjol dan memberikan ciri khas pada produk tersebut. Hal yang harus diperhatikan adalah pastikan desain kemasan tetap sesuai dengan identitas merek dan pesan yang akan disampaikan. 

Kemasan yang menyediakan petunjuk penggunaan yang jelas dan informatif dapat meningkatkan pengalaman pelanggan terhadap sebuah produk. Pastikan petunjuk yang dituliskan harus mudah dipahami oleh konsumen dan membantu pelanggan dalam menggunakan produk. 

Strategi yang bisa diterapkan lainnya yaitu penggunaan bahan pengemas yang berkualitas baik. Kemasan yang baik tidak hanya melindungi produk tetapi juga memberikan kesan mewah dan eklusif. Pelanggan akan merasa puas dan menghargai produk dimana kemasan produk terlihat ekslusif. Pemilihan bahan kemasan yang ramah lingkungan merupakan strategi yang bisa dilakukan dalam meningkatkan pengalaman konsumen. 

Kesadaran lingkungan yang semakin meningkat membuat kemasan yang ramah lingkungan menjadi faktor penting dalam desain kemasan. Penggunaan bahan yang dapat didaur ulang dapat meningkatkan citra merek sebagai produsen yang ramah terhadap lingkungan. Perusahaan dapat mencitrakan bahwa mereka memiliki tanggung jawab social dan peduli terhadap lingkungan. 

Desain kemasan yang efektif adalah desain kemasan yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga memiliki nilai tambah bagi pelanggan. Perusahaan dapat mengimplementasikan beberapa strategi di atas sehingga dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan loyalitas dan membentuk persepsi pelanggan terhadap produk. Kemasan yang inovatif dan berorientasi terhadap kepuasan pelanggan dalam era persaingan yang ketat ini dapat menjadi kunci untuk memikat hati konsumen dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk. (*)

***

*) Oleh : Risa Meutia Fiana, STP, MP, Dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Pewarta : Hainorrahman
Editor : Hainorrahman
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.