https://jabar.times.co.id/
Olahraga

Belanda Lolos ke 8 Besar, Koeman Teringat Sukses Generasi 1988

Rabu, 03 Juli 2024 - 08:05
Belanda Lolos ke 8 Besar, Koeman Teringat Sukses Generasi 1988 Selebrasi Donyell Malen setelah mencetak gol kedua Belanda dalam pertandingan lawan Rumania di babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024, di Allianz Arena, Munich, Jerman pada Selasa (2/7/2024). (ANTARA/Dok-UEFA)

TIMES JABAR, JAKARTA – Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman berharap para pemainnya bisa  mempertahankan performa terbaik mereka saat bermain di perempat final atau delapan besar Euro 2024.

Di babak 8 besar, Belanda akan menghadapi kuda hitam Turki, yang sebelumnya menyingkirkan tim kuat Austria.

Belanda tampil luar biasa saat mengalahkan Rumania 3-0 dalam pertandingan babak 16 besar. Gol dari Cody Gakpo dan brace Donyell Malen mengamankan tiket ke perempat final untuk Belanda.

Performa ini berbanding terbalik ketika Belanda dikalahkan di laga terakhir Grup D oleh Austria dengan skor 2-3 pekan lalu.

"Performa keseluruhan hari ini sangat luar biasa dan ini yang kami butuhkan untuk terus berada di turnamen ini. Ini adalah level yang harus dipertahankan, bila menurun dari level ini maka kami tidak akan mencapai final," ujar Koeman usai pertandingan yang dilansir Eurosport.

Menurut Koeman, timnya masih harus memperbaiki beberapa kekurangan sebelum perempatan final termasuk soal gol kedua yang terbilang terlalu lama berhasil dibukukan oleh Belanda.

"Mungkin satu poin penting adalah butuh waktu terlalu lama untuk mencetak gol kedua. (Secara keseluruhan) kami membuat Rumania berada dalam masalah besar lewat serangan yang kami susun," kata Koeman.

Koeman mengakui bahwa keberhasilan lolos ke perempat final Euro 2024 mulai membuat 'Tim Oranye' kali ini dibandingkan dengan tim-tim generasi sebelumnya.

"Kami punya banyak talenta hebat di tim. Tentu saja tim ini butuh memenangkan sesuatu, barulah kemudian orang-orang akan membandingkannya dengan generasi 1988," ujar Koeman.

Koeman masuk dalam Generasi 1988 saat Timnas Belanda yang diperkuat Marco van Basten, Ruud Gullit, dan Frank Rijkaard memenangkan Piala Eropa dengan mengalahkan Uni Soviet. Gelar itu adalah satu-satunya gelar Belanda di kejuaraan besar sedangkan di level Piala Dunia, Belanda tiga kali masuk final tanpa pernah menjadi juara. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.