https://jabar.times.co.id/
Berita

MTQ ke-54 Majalengka Berlangsung Sukses, Kecamatan Majalengka Raih Juara Umum

Kamis, 12 September 2024 - 13:00
MTQ ke-54 Majalengka Berlangsung Sukses, Kecamatan Majalengka Raih Juara Umum PJ Sekda Majalengka, Aeron Randi memberikan hadiah kepada pemenang juara umum MTQ. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, telah selesai digelar.

Berdasarkan penilaian dewan juri, Kecamatan Majalengka dinobatkan sebagai juara umum, diikuti Kecamatan Malausma di posisi kedua dan Kecamatan Argapura serta Palasah bersama-sama meraih posisi ketiga. 

"Alhamdulillah kegiatan berlangsung lancar, tertib dan aman serta diwarnai antusiasme masyarakat yang hadir dan mengikuti berbagai cabang musabaqah dari pembukaan hingga final malam tadi," ujar Ketua panitia penyelenggara, H. Umar Ma'ruf, Kamis (12/9/2024).

Umar mengungkapkan, MTQ tahun ini mendapat perhatian besar dari setiap kecamatan yang mengirimkan peserta dalam jumlah maksimal, sehingga melahirkan qori-qoriah dan hafidz-hafidzoh berkualitas, serta munculnya wajah-wajah baru.

Menurutnya, perhatian besar dari setiap kafilah peserta MTQ tidak lepas dari peran camat beserta jajaran kecamatan yang berkontribusi dalam pengembangan tilawatil Quran di daerah masing-masing.

"Kami yakin jika pembinaan keagamaan terus diperhatikan dan ditingkatkan, Insya Allah akan mempercepat terwujudnya visi dan misi Majalengka," ujarnya.

Namun, ia juga menyampaikan bahwa masih ada pekerjaan rumah untuk melakukan pembinaan berkesinambungan agar kualitas dan prestasi para peserta terus meningkat di masa mendatang.

Untuk menambah semarak kegiatan, diadakan juga pawai taaruf yang diikuti oleh seluruh peserta MTQ. Dalam penilaian pawai tersebut, Kecamatan Majalengka keluar sebagai juara pertama, diikuti Kecamatan Sindang di posisi kedua dan Kecamatan Kasokandel di peringkat ketiga.

Penilaian juga dilakukan untuk arena musabaqah, dengan Masjid Jami Al Imron Kelurahan Cijati meraih juara pertama, disusul Pondok Pesantren Al Quraniah di tempat kedua dan Masjid Jami Babussalam Kelurahan Majalengka Kulon di posisi ketiga.

Seiring dengan penyelenggaraan MTQ, bazar expo UMKM Majalengka turut digelar, melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta 26 kecamatan dan lembaga lainnya. 

Pameran ini menambah semarak suasana acara. Penilaian untuk stan bazar terbaik menempatkan Kecamatan Sindangwangi sebagai juara pertama, diikuti oleh Kecamatan Leuwimunding dan Kecamatan Majalengka.

Umar juga menambahkan, bahwa hasil rapat LPTQ menetapkan MTQ tahun 2025 mendatang akan diselenggarakan di Kecamatan Sindang. 

Sementara itu, acara penutupan MTQ ke-54 tingkat Kabupaten Majalengka secara resmi dilakukan oleh Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi yang diwakili oleh Pj Sekda Majalengka, Aeron Randi. (*)

Pewarta : Hendri Firmansyah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.