https://jabar.times.co.id/
Berita

Menlu Retno Marsudi Pamitan, Titipkan Isu Palestina

Kamis, 12 September 2024 - 14:47
Menlu Retno Marsudi Pamitan, Titipkan Isu Palestina Menteri Luar Negeri RI (Menlu RI) Retno Marsudi di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (12/9/2024). (FOTO: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

TIMES JABAR, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu RI) Retno Marsudi menyampaikan pesan penting terkait perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Dalam momen tersebut, Retno berharap Indonesia tetap konsisten mendampingi Palestina di tengah konflik kemanusiaan yang terjadi dengan Israel.

Retno menekankan pentingnya peran Indonesia dalam memperjuangkan keadilan dan kemanusiaan, terutama terkait isu Palestina, yang menjadi salah satu fokus utama kebijakan luar negeri Indonesia selama masa jabatannya.

"Karena konsistensi kita untuk membela keadilan dan kemanusiaan, terutama untuk masalah Palestina," ungkap Retno seusai rapat.

Dalam pesannya, Retno mengingatkan bahwa perjuangan Palestina bukan hanya masalah politik, tetapi juga terkait hak asasi manusia yang harus dijaga.

"Jangan tinggalkan bangsa Palestina sendirian di tengah hak-hak mereka dirampas," ujarnya.

Selama ini, Indonesia telah mendapat penghormatan di tingkat internasional berkat posisinya yang konsisten dalam membela Palestina.

Pemerintah dan DPR RI telah saling mendukung dalam memperkuat posisi Indonesia di kancah internasional, dan Retno merasa terhormat dapat memimpin diplomasi Indonesia selama 10 tahun terakhir.

Meskipun masa jabatannya segera berakhir, Retno berjanji akan terus berkontribusi bagi Indonesia di masa mendatang.

Saat ini, sejumlah menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo mulai menyampaikan perpisahan dalam rapat kerja bersama DPR RI. Kabinet pemerintahan Joko Widodo periode 2019–2024 akan berakhir pada 20 Oktober 2024.

Waktu tersebut bersamaan dengan pelantikan pasangan terpilih dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024–2029. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.