https://jabar.times.co.id/
Berita

Momen Sumpah Pemuda, Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi Dorong Pemberdayaan Generasi Muda

Senin, 28 Oktober 2024 - 13:14
Momen Sumpah Pemuda, Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi Dorong Pemberdayaan Generasi Muda Pemkab Majalengka menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – Penjabat atau Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi mengingatkan kembali pentingnya semangat Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober sebagai momen bersejarah yang menyatukan tekad dan persatuan pemuda Indonesia. 

Momen ini, menurutnya, menjadi landasan kokoh dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan bangsa hingga kini. Sebab sejatinya, pemuda adalah garda terdepan perubahan dan pilar utama dalam menghadapi tantangan global.

"Tema Maju Bersama Indonesia Raya yang diusung tahun ini menegaskan komitmen kita untuk melibatkan pemuda dalam setiap aspek pembangunan," ujar Dedi Supandi, Senin (28/10/2024). 

Dedi menekankan pentingnya tiga karakter yang harus dimiliki pemuda untuk membangun masa depan Indonesia, yakni integritas, kapasitas keahlian dan kepemimpinan yang peduli dan profesional.

Dedi menyampaikan, bahwa pemuda diharapkan mampu menjaga nilai-nilai moral dan etika dalam setiap tindakan. Ia berharap, pemuda Majalengka menjadi teladan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. 

Kemudian ia mengutarakan, pemuda yang berpendidikan dan terampil adalah aset penting untuk kemajuan daerah. Untuk itu, Pemkab Majalengka terus mendukung program peningkatan keterampilan, seperti Wirausaha Muda Unggulan (WMU) yang diikuti 70 pemuda dalam bidang kuliner, kriya, jasa, fashion dan IT.

"Program ini bertujuan mencetak wirausaha muda kompeten yang siap bersaing di tingkat nasional dan internasional," ujarnya.

Karakter kepemimpinan yang kuat dan peduli terhadap lingkungan juga merupakan sikap yang harus dimiliki pemuda. Maka dengan demikian, Pemkab Majalengka telah membentuk 52 pemuda kader lingkungan dan bencana dari tiap kecamatan yang akan menjadi bagian dari tim saber kebersihan di sejumlah wilayah. 

Sebagai bentuk dukungan, dikatakannya bahwa Pemkab Majalengka juga telah menyalurkan dana hibah sebesar Rp 650 juta untuk Kwartir Cabang Pramuka dan Rp 350 juta untuk KNPI. 

“Hibah ini diharapkan mendorong kegiatan kepemudaan dan memperkuat peran mereka dalam pembangunan daerah,” tambahnya.

Selain itu, Pemkab sedang mengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2023 untuk meningkatkan koordinasi lintas sektor layanan kepemudaan, termasuk penyusunan rencana aksi daerah dan pembentukan sekretariat layanan kepemudaan. 

Langkah ini diharapkan memperkuat sinergi antar lembaga dalam pelayanan dan meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Majalengka.

“Kami optimistis dengan adanya berbagai program ini, pemuda di Majalengka akan tumbuh menjadi generasi yang berkarakter, berdaya saing dan siap menghadapi tantangan global,” ungkapnya. 

Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi, berharap momen peringatan Hari Sumpah Pemuda dapat membangkitkan semangat seluruh pemuda di Kabupaten Majalengka untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. (*)

Pewarta : Hendri Firmansyah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.