https://jabar.times.co.id/
Berita

Hubungkan Medan Satria-Tomang, Presiden Jokowi Canangkan Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1

Rabu, 11 September 2024 - 20:22
Hubungkan Medan Satria-Tomang, Presiden Jokowi Canangkan Pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1 Presiden Jokowi Resmi Canangkan Pembangunan MRT Jakarta Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1. (FOTO: BPMI Setpres) 

TIMES JABAR, JAKARTA – Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta terus melakukan pengembangan rutenya. Terbaru Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan pembangunan MRT Jakarta Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini saya canangkan pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1,” ujar Presiden Jokowi di Proyek Stasiun MRT M.H. Thamrin Jakarta, pada Rabu, (11/9/2024).

Jokowi.jpgPresiden Jokowi dalam acara pencanangan Pembangunan MRT Jakarta Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1. (FOTO: BPMI Setpres) 

Didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Presiden Jokowi mengatakan pencanangan pembangunan MRT Lin Timur-Barat Fase 1 Tahap 1 akan menghubungkan Medan Satria hingga Tomang sepanjang 24,5 kilometer.

Keberhasilan fase pertama MRT yang beroperasi sejak 2019 yang menghubungkan kawasan Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia, lanjut Presiden Jokowi telah memberikan dampak yang baik bagi transportasi di Jakarta.

“Fase 1 utara-selatan sudah mengubah wajah Jakarta, sudah mengubah wajah transportasi Jakarta, dan juga negara kita Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga menyoroti peran penting MRT dalam mobilitas orang di Jakarta. Bahkan, sejak beroperasi, MRT Jakarta telah memberikan pelayanan kepada lebih dari 120 juta penumpang, sebuah angka yang cukup signifikan. “Jumlah yang tidak kecil,” sorotnya.

Saat ini, pembangunan fase 2a MRT Lin Utara-Selatan yang menghubungkan Bundaran HI dengan Kota masih berlangsung. Namun, pemerintah bertekad untuk memperluas jaringan MRT di Jakarta agar makin terintegrasi. “Kita ingin memperluas, memperlebar jangkauan pembangunan,” terangnya.

Presiden pun menegaskan bahwa proyek ini akan memperkuat posisi Jakarta sebagai kota global dan pusat aglomerasi dengan transportasi publik yang modern. Presiden menyebut bahwa pembangunan MRT merupakan upaya untuk menciptakan peradaban transportasi modern yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Peradaban itu betul-betul peradaban transportasi yang modern, betul-betul hadir setelah MRT itu nantinya selesai semuanya,” tutur Presiden.

“Proyek MRT Lin Timur-Barat ini diharapkan tidak hanya meningkatkan mobilitas warga Jakarta, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi dengan mempercepat konektivitas di Jakarta dan sekitarnya,” tandas Presiden Jokowi

Turut hadir dalam pencanangan pembangunan MRT Jakarta tersebut, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi, Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.