https://jabar.times.co.id/
Berita

HUT KAI ke-79, PT KAI Daop 2 Bandung Gelar Gebyar Festival Kesehatan

Senin, 30 September 2024 - 13:00
HUT KAI ke-79, PT KAI Daop 2 Bandung Gelar Gebyar Festival Kesehatan Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung, Takdir Santoso saat skrining sebelum melakukan donor darah di stasiun Bandung, Seni (30/9/2024) (FOTO: Humas Daop 2 Bandung/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) (PT KAI) Daerah Operasi 2 (Daop 2) Bandung kembali menegaskan komitmennya untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

 Melalui kegiatan sosial bertajuk "Gebyar Festival Kesehatan," KAI Daop 2 Bandung bekerja sama dengan berbagai instansi kesehatan terkait untuk menyelenggarakan serangkaian program kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Acara yang digelar pada Senin, 30 September 2024, di Ruang Tunggu Stasiun Bandung Sisi Utara ini menghadirkan berbagai layanan kesehatan gratis yang terbuka untuk umum. 

Mulai dari aksi donor darah hingga pemeriksaan komorbid, rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan serta memberikan layanan medis secara cuma-cuma.

Rangkaian Acara

Serangkaian Kegiatan Kesehatan dalam Gebyar Festival kali ini meliputi

Festival-Kesehatan-2.jpg

1. Donor Darah

Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam aksi donor darah guna membantu meningkatkan stok darah di wilayah Bandung dan sekitarnya. KAI Daop 2 Bandung berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap kebutuhan darah yang kerap kali menipis, terutama di rumah sakit sekitar Bandung.

2. Penyuluhan Kesehatan

Dalam penyuluhan ini, tenaga medis profesional memberikan informasi seputar gaya hidup sehat serta pencegahan berbagai penyakit degeneratif. Penyuluhan ini berfokus pada pola makan, aktivitas fisik, dan pencegahan penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

3. Skrining Diabetes Melitus dan Papsmear

Pemeriksaan dini untuk deteksi Diabetes Melitus disediakan bagi masyarakat yang ingin mengecek kadar gula darah mereka. Selain itu, layanan Papsmear khusus untuk perempuan turut diberikan sebagai upaya pencegahan kanker serviks, yang sering kali terdeteksi terlambat.

4. Pemeriksaan Komorbid

Salah satu layanan unggulan dalam festival ini adalah pemeriksaan penyakit komorbid. Tujuannya adalah untuk mendeteksi kondisi kesehatan penyerta yang dapat memperburuk penyakit utama. Pemeriksaan komorbid membantu masyarakat untuk lebih waspada dan mengambil langkah pencegahan sedini mungkin.

5. Pemeriksaan Kadar Lemak Tubuh

Selain itu, pemeriksaan komposisi lemak tubuh juga tersedia untuk membantu masyarakat memahami pentingnya menjaga berat badan ideal dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pemeriksaan ini penting untuk mendeteksi risiko penyakit seperti obesitas, yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan lain.

Komitmen PT KAI Terhadap Kesehatan Masyarakat

Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung, Takdir Santoso, menyampaikan bahwa Gebyar Festival Kesehatan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial PT KAI kepada masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasionalnya. 

Festival-Kesehatan-3.jpg

"Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat bisa lebih peduli dengan kesehatan mereka serta mendapatkan informasi dan pelayanan medis yang dibutuhkan secara gratis," ujar Takdir dalam sambutannya. Senin (30/9/2024) 

Takdir juga menambahkan bahwa PT KAI tidak hanya berkomitmen untuk menjadi perusahaan transportasi yang andal, tetapi juga aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat. 

"Kami selalu berupaya agar PT KAI dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Kegiatan-kegiatan seperti ini kami lakukan untuk menunjukkan bahwa kesehatan masyarakat juga menjadi prioritas kami," jelasnya.

Gebyar Festival Kesehatan dalam rangkaian HUT KAI ke-79 ini terbuka untuk umum, termasuk para pelanggan kereta api di Stasiun Bandung. Masyarakat dari berbagai kalangan bisa memanfaatkan layanan ini secara gratis.

 Diharapkan, acara ini dapat menjadi sarana bagi masyarakat Bandung untuk mendapatkan layanan kesehatan yang komprehensif tanpa perlu khawatir soal biaya.

Program ini juga menjadi salah satu bentuk apresiasi PT KAI terhadap pelanggan setianya, di mana masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan sambil menunggu perjalanan kereta api mereka.

Dengan diadakannya Gebyar Festival Kesehatan ini, PT KAI Daop 2 Bandung menunjukkan bahwa perusahaan transportasi nasional ini tidak hanya berfokus pada pelayanan transportasi, tetapi juga peduli terhadap kualitas hidup masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan. 

Dalam perjalanannya selama 79 tahun, PT KAI telah berkembang menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, yang tak hanya menyediakan layanan transportasi, namun juga terus berkontribusi dalam program-program sosial, kesehatan, dan pendidikan.

Melalui kegiatan ini, PT KAI juga mengajak masyarakat untuk lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan sejak dini. Penyuluhan kesehatan dan skrining dini yang dilakukan diharapkan dapat menjadi langkah preventif bagi masyarakat untuk mendeteksi penyakit-penyakit yang bisa dicegah dengan gaya hidup sehat. (*)

Pewarta : Harniwan Obech
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.