https://jabar.times.co.id/
Berita

Nenek Caswi Asal Majalengka Bertahan Hidup sebagai Pemulung di Usia Senja

Jumat, 04 Oktober 2024 - 21:42
Nenek Caswi Asal Majalengka Bertahan Hidup sebagai Pemulung di Usia Senja Polsek Panyingkiran, Polres Majalengka memberikan bantuan kepada nenek Caswi. (FOTO: Humas Polres Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – Di usia 70 tahun, Caswi, seorang pemulung asal Desa Panyingkiran, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, harus menghadapi masa senja yang penuh tantangan. 

Tinggal sebatangkara di rumah kecil berukuran 2x6 meter, kehidupannya sehari-hari dipenuhi oleh kesederhanaan dan keterbatasan. Di dalam rumahnya, hanya ada televisi kecil yang menemaninya. Sedangkan, untuk tidur, nenek Caswi hanya bisa berbaring di atas lantai.

"Iya, sendiri aja di rumah. Anak satu-satunya sama suami udah meninggal karena sakit. Saya sehari-hari biasa memulung. Ini barang-barang yang ada di rumah juga, barang-barang bekas dari hasil mulung," kata Caswi, Jumat (4/10/2024).

Dengan pendapatan yang tak menentu dari memulung, Caswi hanya bisa menjual hasil rongsoknya lima hari sekali dan biasanya mendapatkan sekitar Rp15 ribu.

"Kalau buat makan nggak cukup, tapi alhamdulillah banyak tetangga yang bantu, dan dari desa juga dapat bantuan BLT, jadi sedikit ringan buat kebutuhan hidup," ujarnya.

Perhatian terhadap Caswi kini datang dari Polsek Panyingkiran, Polres Majalengka, Polda Jabar. Kapolsek Panyingkiran AKP Asep Rohendi bersama jajarannya memberikan bantuan berupa sembako serta fasilitas rumah agar Caswi bisa hidup lebih layak.

"Bantuan yang kita berikan meliputi kasur, rak piring, karpet, gorden, dan sembako. Kalau kasur agar si ibu ini bisa tidur nyenyak, kata AKP Asep Rohendi.

Menurut AKP Asep, aksi sosial ini merupakan hasil swadaya personel Polsek Panyingkiran. Tak hanya untuk Caswi, kegiatan serupa telah dilakukan sebelumnya untuk membantu warga kurang mampu. Seperti memberikan perlengkapan sekolah kepada anak-anak dari keluarga pemulung.

"Kita patungan sama anggota, dan ini bukan di sini aja. Kami juga sudah bantu anak kecil yang butuh perlengkapan sekolah, karena orang tuanya juga pemulung," jelasnya.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif Polsek Panyingkiran. Aksi sosial ini adalah bentuk kepedulian Polri terhadap warga yang membutuhkan.

"Kami ingin berbagi kebahagiaan dan meringankan beban masyarakat yang kurang mampu," ujar pimpinan Polres Majalengka. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.