https://jabar.times.co.id/
Berita

Peringati Hari Habitat Dunia 2024, Kementerian PUPR RI Selenggarakan Pameran ”Memetri”

Senin, 07 Oktober 2024 - 21:35
Peringati Hari Habitat Dunia 2024, Kementerian PUPR RI Selenggarakan Pameran ”Memetri” Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI Diana Kusumastuti saat konferensi pers HHD-HKD 2024 di GIK UGM, Senin (7/10/2024).(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES JABAR, YOGYAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) menyelenggarakan pameran “Memetri” sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Habitat Dunia-Hari Kota Dunia (HHD-HKD) 2024 yang mengusung tema nasional “Jaga Iklim Jaga Masa Depan”. 

Pameran ini diselenggarakan di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, DIY pada 8-19 Oktober 2024.

konferensi-pers-HHD-HKD-2.jpg

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI Diana Kusumastuti mengatakan pameran ini diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda dan masyarakat lias akan perubahan iklim. “Anak-anak muda harus memikirkan iklim di masa depan supaya tidak terlalu panas dan tidak terjadi masalah dengan lingkungan,” kata Diana dalam konferensi pers HHD-HKD 2024 di GIK UGM, Senin (7/10/2024).

Diana mengatakan pemilihan GIK sebagai pameran karena lokasinya yang strategis sehingga baik mahasiswa maupun masyarakat luas bisa hadir dengan mudah.

Pada konferensi pers ini Diana menjelaskan sektor bangunan merupakan salah satu penyumbang utama emisi gas rumah kaca, sekitar sepertiga dari total emisi. Namun, sektor ini juga memiliki potensi besar dalam penghematan energi dan pengurangan emisi. 

“Berdasarkan PP No. 16 Tahun 2021, bangunan diwajibkan untuk mengurangi konsumsi energi sebesar 25% selama operasionalnya. Kementerian PUPR pun telah mengeluarkan Permen PUPR No. 21 Tahun 2021, tentang penilaian kinerja bangunan hijau. Penghematan energi bisa dilakukan dengan strategi iklim mikro dan pendinginan pasif sebelum menggunakan alat hemat energi,” kata Diana.

Untuk merancang desain pendinginan pasif yang tepat diperlukan data iklim standar. Untuk itu, Kementerian PUPR RI bersama BMKG telah meluncurkan peta zona iklim pada 1 Oktober 2024 lalu. Peluncuran data ini juga merupakan salah satu rangkaian peringatan HHD-HKD 2024.

Diana menambahkan peringatan HHD-HKD 2024 menunjukkan adanya keterlibatan dan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan permukiman dan perkotaan yang layak huni dan berkelanjutan. Pada tahun ini Kementerian PUPR RI melalui 34 Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) di seluruh Indonesia melakukan aksi penanaman 3.650 pohon.

“Ini adalah aksi nyata untuk menjaga iklim. Penanaman pohon di infrastruktur yang dibangun memberikan kontribusi penyerapan emisi karbon 81 ton/tahun dan mengurangi suhu permukaan 5 derajat celcius,” ungkap Diana.

Kurator pameran Yoshi Fajar mengatakan “Memetri” tidak hanya sebagai tema pameran tetapi juga diperlukan sebagai cara berpikir dalam proses dan tujuan pembangunan. 

“Memetri atau memelihara sangat mendasar untuk Kementerian PUPR sebagai tindak lanjut atas hasil yang sudah dicapai melalui program dan rencana kerja selama ini. Memetri secara umum juga dapat dipakai sebagai cara pandang yang mendasari kerja organisasi dalam membangun Indonesia,” pungkasnya (*) 

Pewarta : Faizal R Arief
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.