https://jabar.times.co.id/
Berita

Bentuk Generasi Sehat Berkarakter, Kabupaten Majalengka Gelar Festival Olahraga Pendidikan

Kamis, 19 September 2024 - 15:04
Bentuk Generasi Sehat Berkarakter, Kabupaten Majalengka Gelar Festival Olahraga Pendidikan Peserta Festival Olahraga Pendidikan sedang melakukan olahraga tradisional lompat tali di lapangan GGM Majalengka. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKAKabupaten Majalengka, Jawa Barat, menjadi salah satu dari 30 kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih menyelenggarakan Festival Olahraga Pendidikan, sebuah program nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora RI).

Sebanyak 1.000 siswa, terdiri dari 500 siswa SD, 250 siswa SMP dan 250 siswa SMA, berpartisipasi dalam festival olahraga tradisional berlangsung selama dua hari, digelar di lapangan GGM Majalengka dari kemarin sampai hari ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Majalengka, Yusanto Wibowo, menjelaskan bahwa festival ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran fisik anak-anak sejak dini, sekaligus melatih kemampuan motorik.

"Melalui Festival Olahraga Pendidikan ini, kita ingin anak-anak tidak hanya sehat secara fisik, tetapi juga tumbuh dengan motorik yang kuat dan terlatih," kata Yusanto, Kamis (19/9/2024).

Dengan mengusung tema Play Today, Lead Tomorrow, festival ini tak hanya fokus pada pencapaian prestasi olahraga, tetapi juga pada pembentukan karakter para peserta didik.

"Olahraga adalah salah satu cara membentuk generasi yang percaya diri dan memiliki mental yang kuat. Selain fisik yang sehat, olahraga juga membantu membangun karakter yang tangguh dan disiplin," tambah Yusanto.

Festival ini dirancang mengikuti konsep athlete long-term development, di mana setiap kegiatan olahraga disesuaikan dengan tahap perkembangan para peserta.

Yusanto menambahkan, bahwa tidak menutup kemungkinan para peserta berbakat akan dipantau secara khusus untuk kemudian dikembangkan menjadi calon atlet daerah maupun nasional di masa mendatang.

"Kita berharap melalui Festival Olahraga Pendidikan ini, dapat menemukan dan membina talenta-talenta muda yang kelak bisa membawa serta mengharumkan nama Kabupaten Majalengka di kancah nasional maupun internasional," tandasnya. (*)

Pewarta : Hendri Firmansyah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.