https://jabar.times.co.id/
Ekonomi

WOM Finance Gelar Inklusi Keuangan di Majalengka, Dorong UMKM Lebih Bijak Kelola Keuangan

Kamis, 19 September 2024 - 15:43
WOM Finance Gelar Inklusi Keuangan di Majalengka, Dorong UMKM Lebih Bijak Kelola Keuangan WOM Finance Gelar inklusi keuangan di Majalengka. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance), perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia, menggelar acara inklusi keuangan di GOR Sudirja, Kelurahan Munjul, Kecamatan dan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (19/9/2024).

Acara yang dihadiri oleh para pelaku UMKM, anggota PKK serta pemuda-pemudi Majalengka ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak dan memperkenalkan lebih dekat bisnis perusahaan pembiayaan.

Sementara itu, dalam acara tersebut bertindak sebagai narasumber utama, yakni Firman selaku Area Marketing Manager WOM Finance Business Unit Jawa Barat. Ia pun memberikan pemaparan menarik mengenai tips dan trik mengelola keuangan secara efektif.

Dalam paparannya, Firman menekankan pentingnya perencanaan keuangan yang matang, pemilihan produk pembiayaan yang sesuai serta mewaspadai berbagai risiko keuangan yang mungkin terjadi.

"Kami sangat antusias menggelar acara ini di Majalengka. Melalui inklusi keuangan, kami ingin memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pelaku UMKM," ujarnya.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, menurut dia, diharapkan mereka (para pelaku UMKM dan masyarakat) dapat mengembangkan usahanya dan meningkatkan kualitas hidup.

Selain pemaparan materi, peserta juga berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan tim WOM Finance dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai berbagai produk dan layanan yang ditawarkan. Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik seperti tanya jawab, kuis dan pemberian hadiah.

Tentang WOM Finance

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk didirikan pada 1982 dengan nama PT Jakarta Tokyo Leasing yang bergerak di bidang pemberian pembiayaan sepeda motor, khususnya untuk sepeda motor merek Honda. Pada 2000, Perseroan mengubah nama menjadi PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk.

Sejalan dengan transformasi bisnis yang dilakukan Perseroan terus mengalami perkembangan dan tidak lagi hanya melayani pembiayaan sepeda motor merek Honda, tapi juga sepeda motor merek Jepang lainnya, seperti Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Pada 2005, WOM Finance menjadi bagian dari kelompok usaha PT Bank Maybank Indonesia Tbk (MBI) setelah mengakuisisi 43% kepemilikan saham Perseroan. Pada 2015, Perseroan melakukan right issue melalui Penawaran Umum Terbatas, di mana MBI bertindak sebagai standby buyer.

Dalam right issue ini, WOM Finance menerbitkan 3.481.481.480 saham baru. Kini, kepemilikan saham MBI di Perseroan sebesar 67,49%. Pemegang saham terbesar kedua adalah PT Wahana Makmur Sejati dengan jumlah kepemilikan saham sebesar 25,01% dan publik sebesar 7,50%.

Saat ini, WOM Finance telah melakukan kerja sama dengan beragam platform aplikasi digital untuk mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran.

Selain itu, penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk pembayaran konsumen merupakan upaya WOM Finance dalam memberikan layanan berkualitas yang didukung oleh MBI.

WOM Finance juga terus meningkatkan permodalan baik melalui penerbitan obligasi maupun pinjaman dari bank. Hingga Juni 2024, Perseroan telah mendapatkan pendanaan dari bank senilai Rp1,2 triliun.

Kinerja operasional WOM Finance didukung oleh 205 kantor jaringan dengan lebih kurang 2.300 karyawan untuk melayani lebih kurang 300 ribu konsumen aktif melalui sumber daya manusia yang unggul dan layanan yang berkualitas. (*)

Pewarta : Jaja Sumarja
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.