https://jabar.times.co.id/
Berita

DPT Sudah Dikunci, KPU Majalengka Tetapkan 1.000.378 Pemilih untuk Pilkada 2024

Kamis, 19 September 2024 - 16:06
DPT Sudah Dikunci, KPU Majalengka Tetapkan 1.000.378 Pemilih untuk Pilkada 2024 Ketua KPU Kabupaten Majalengka, Teguh Fajar Putra Utama. (FOTO: Hendri Firmansyah/TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, MAJALENGKA – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Majalengka (KPU Majalengka), Jawa Barat, telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap atau DPT untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024 melalui rapat pleno terbuka.

Ketua KPU Majalengka, Teguh Fajar Putra Utama, menjelaskan bahwa terdapat 2.111 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 26 kecamatan dan 343 desa/kelurahan di Kabupaten Majalengka.

"Jumlah pemilih laki-laki mencapai 498.688, sedangkan pemilih perempuan sebanyak 501.690. Total keseluruhan pemilih di Kabupaten Majalengka adalah 1.000.378," ujar Teguh, Kamis (19/9/2024).

Mengenai masalah data ganda, Teguh menyebut bahwa pihaknya telah melakukan penyesuaian terkait adanya kegandaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK) pada beberapa pemilih.

"Contohnya, ada pemilih yang memiliki NIK sama dengan warga di kota lain. Hal ini perlu ditindaklanjuti agar hak pilih warga di Kabupaten Majalengka tidak terhapus," jelasnya.

Namun demikian, ia menegaskan bahwa permasalahan tersebut telah diselesaikan dan tidak akan menjadi kendala di kemudian hari.

Pihaknya juga memastikan bahwa DPT yang telah ditetapkan bersifat final dan tidak akan ada lagi perbaikan, kecuali ada pemilih yang meninggal atau keluar dari wilayah administrasi Kabupaten Majalengka.

"Tidak ada lagi perubahan atau penambahan data, karena DPT sudah dikunci. Pengurangan jumlah pemilih hanya akan terjadi jika ada warga yang meninggal dunia atau pindah domisili dari Kabupaten Majalengka," jelasnya.

Ketua KPU Majalengka menambahkan, bahwa salinan berita acara hasil rapat pleno terbuka terkait penetapan DPT juga telah diserahkan kepada perwakilan dari kedua bakal pasangan calon yang akan bersaing dalam Pilkada Majalengka 2024. (*)

Pewarta : Hendri Firmansyah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.