https://jabar.times.co.id/
Pendidikan

Serahkan Dana Stimulan Guru, Bupati Cianjur Sebut Pentingnya Pendidikan Anak

Kamis, 19 September 2024 - 17:31
Serahkan Dana Stimulan Guru, Bupati Cianjur Sebut Pentingnya Pendidikan Anak Bupati Cianjur menyerahkan dana stimulan bagi guru (18/09/2024) (FOTO: Prokopim Cianjur for TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, CIANJUR – Penyelenggaraan Pemberdayaan Pendidikan Diniyah Takmiliyah dan Pendidikan Al-Qur'an (P3DTPQ) memiliki peran yang sangat penting dalam membangun generasi yang memiliki pemahaman mendalam tentang Al-Qur'an dan akhlak yang baik. 

Dalam hal ini Bupati Cianjur, H. Herman Suherman menyerahkan dana stimulan kepada 248 guru Madrasah Diniyah Tanwiliyah (MDT) Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Kabupaten Cianjur Bagian Utara yang bertempat di Taman Pancaniti Pendopo Cianjur, Rabu (18/09/2024).

Hadir dalam acara ini Ketua MUI Kabupaten Cianjur, Kabag Kesra Kabupaten Cianjur, Ketua Umum P3DTPQ Cianjur, Sekertaris Umum P3DTPQ, para tamu undangan dan para guru yang tergabung dalam P3DTPQ Kabupaten Cianjur Wilayah Utara.

"Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Cianjur mengucapkan terima kasih kepada para pendidik di P3DTPQ yang telah berkontribusi terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Cianjur," kata Bupati Cianjur dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia.

Dikatakannya, tentunya stimulan ini tidak ada apa - apanya jika dibandingkan dengan jasa para guru dalam mendidik anak muda di Kabupaten Cianjur yang tidak hanya fokus dengan kualitas ilmu dunia, tetapi juga ilmu akhirat.

Bupati-Cianjur-2.jpgSejumlah guru MDT-TPA menghadiri penyerahan dana stimulan (18/09/2024) (FOTO: Prokopim Cianjur for TIMES Indonesia)

"Saya juga sampaikan kepada seluruh penerima stimulan, pastikan dana yang diterima utuh, tidak ada potongan. Bila ada potongan mohon segera laporkan agar segera ditindaklanjuti," ujarnya.

Herman menyebut, Cianjur terkenal sebagai Kota Santri dan gudangnya ulama dan dengan stimulan ini diharapkan kualitas pendidikan terhadap para anak muda juga semakin meningkat. Pendidikan yang berorientasi kepada kualitas iman dan akhlak.

"Dengan semakin banyaknya lulusan - lulusan sekolah yang berkualitas, saya yakin Kabupaten Cianjur dapat mewujudkan cita - cita Cianjur yang Mandiri, Maju, Religius dan Berakhlak Mulia. Aamiin," imbuhnya.

Dirinya menjelaskan beberapa alasan pentingnya P3DTPQ antara lain:

1. Penguatan Pendidikan Agama
P3DTPQ membantu memperkuat pendidikan agama bagi anak-anak dan masyarakat melalui program pembinaan yang terstruktur.

2. Meningkatkan Kompetensi Pengelola dan Pengajar
Program ini memberikan pelatihan bagi pengelola dan pengajar TPQ, sehingga mereka dapat mengajar dengan lebih efektif dan efisien, meningkatkan kualitas pendidikan.

3. Pengembangan Dai
Dai yang tergabung dalam TPQ akan lebih siap dan berkompeten untuk berdakwah, sehingga pesan-pesan agama Islam bisa tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami.

4. Pembentukan Karakter Generasi Muda
Dengan pembinaan yang baik, P3DTPQ berkontribusi pada pembentukan karakter anak-anak yang cinta Al-Qur'an dan memiliki akhlak mulia.

5. Penyebaran Nilai-Nilai Islam yang Moderat
Program ini juga penting dalam menyebarkan ajaran Islam yang damai, moderat, dan seimbang di tengah-tengah masyarakat, menjaga keharmonisan sosial. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.