https://jabar.times.co.id/
Gaya Hidup

Duta Pariwisata Indonesia 2024, Rizki Abdillah Gaungkan Advokasi 'EmpowerYourABIlity'

Jumat, 18 Oktober 2024 - 07:00
Duta Pariwisata Indonesia 2024, Rizki Abdillah Gaungkan Advokasi 'EmpowerYourABIlity' Winner Duta Pariwisata Indonesia 2024, Rizki Abdillah (FOTO: Rizki for TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, BANDUNG – Grand Winner Duta Pariwisata Indonesia 2024, Rizki Abdillah, yang akrab dipanggil Rizki, merasa memiliki tanggung jawab besar untuk mempromosikan keindahan dan potensi pariwisata Indonesia. 

Melalui advokasinya yang bertitel 'EmpowerYourABILity', Rizki mendorong pemberdayaan individu dengan berbagai latar belakang dan kemampuan untuk berpartisipasi dalam sektor pariwisata. 

Dalam setiap kesempatan, ia berusaha menyampaikan pesan bahwa setiap orang, tanpa memandang keterbatasan atau kondisi, memiliki peran penting dalam pembangunan pariwisata yang inklusif dan berkelanjutan. 

"Salah satu cara saya memperkuat advokasi adalah dengan mendorong penggunaan batik kasual sebagai bagian dari tren fashion sehari-hari," kata Rizki dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Kamis (17/10/2024).

Mengingat batik adalah warisan budaya Indonesia yang diakui dunia, dirinya percaya bahwa mengenakan batik dalam kegiatan sehari-hari tidak hanya memperkuat identitas budaya bangsa, tetapi juga mendukung industri kreatif lokal.

Tentunya sebagai generasi muda yang tengah menempuh pendidikan di Universitas Kristen Maranatha serta lahir dan besar di Sumedang, Rizki menyoroti pentingnya mengenalkan budaya lokal ke dalam kehidupan modern kepada masyarakat luas. 

"Dalam hal ini batik kasual yang sedang saya gaungkan sangat cocok digunakan dalam berbagai aktivitas, mulai dari kegiatan formal hingga gaya santai sehari-hari," ujar pemilik akun media sosial Instagram @rizkiabyy

Lebih jauh, sebagai seorang pecinta olahraga, ia juga menekankan bahwa batik dapat dikenakan dengan nyaman bahkan dalam aktivitas yang aktif. Dalam pandangannya, batik tidak harus selalu diidentikkan dengan acara formal. 

"Dengan desain yang lebih modern dan santai, batik kasual dapat menjadi bagian dari gaya hidup generasi muda Indonesia, sekaligus membantu melestarikan kekayaan budaya bangsa," ungkapnya menegaskan.

Anak ketiga dari tiga bersaudara ini memahami pentingnya keluarga dan dukungan dari orang-orang terdekat dalam mencapai kesuksesan. Dia berharap mampu menginspirasi generasi muda agar bangga dengan warisan budaya mereka dan berani menunjukkan identitas Indonesia dalam penampilan sehari-hari. 

Lewat kampanye 'EmpowerYourABILity', Rizki mengajak seluruh masyarakat, termasuk kalangan muda, untuk mengapresiasi keberagaman budaya Indonesia melalui penggunaan batik kasual. 

Selain itu, melalui platform media sosialnya itu, Rizki secara aktif mempromosikan pariwisata Indonesia, termasuk pariwisata di tatar Sunda, di mana ia telah terpilih sebagai Duta Pariwisata Jawa Barat 2024. 

Kemudian ia lantas berusaha menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia bukan hanya kaya akan keindahan alam, tetapi juga warisan budaya yang harus dibanggakan dan dilestarikan. 

"Harapannya, melalui advokasinya, semakin banyak orang yang terinspirasi untuk mengapresiasi dan mendukung budaya lokal, serta berkontribusi dalam menciptakan pariwisata yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia," tukasnya. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.