https://jabar.times.co.id/
Berita

Duta Pariwisata Indonesia 2024, Putri Rezeky Ajak Masyarakat Tumbuhkan Sustainable Tourism

Kamis, 17 Oktober 2024 - 09:58
Duta Pariwisata Indonesia 2024, Putri Rezeky Ajak Masyarakat Tumbuhkan Sustainable Tourism Duta Pariwisata Indonesia 2024, Putri Rezeky. (FOTO: Putri for TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, JAKARTA – Sebagai Duta Pariwisata Indonesia 2024, Putri Rezeky Kusuma Barkah (20) telah membuktikan dirinya sebagai sosok inspiratif yang tidak hanya mengedepankan kecantikan fisik, tetapi juga komitmen untuk memajukan pariwisata berkelanjutan di Indonesia. 

Putri yang saat ini merupakan mahasiswi S1 Pendidikan Vokasi di Universitas Negeri Jakarta dan juga seorang model serta makeup artist, memiliki visi untuk mengembangkan konsep pariwisata yang tidak hanya menguntungkan sektor ekonomi, tetapi juga melindungi lingkungan dan memberdayakan masyarakat lokal. 

Dengan latar belakangnya sebagai Duta Pariwisata Jawa Barat 2024 dan kini dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Indonesia 2024, perempuan cantik yang hobi traveling dan nonton ini menjelaskan bahwa pariwisata berkelanjutan sebagai langkah strategis yang harus dijalankan untuk masa depan.

"Konsep pariwisata berkelanjutan yang saya bawa dalam setiap kampanyenya mencakup ekowisata, energi terbarukan, dan pemberdayaan masyarakat lokal," kata Putri dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Kamis (16/10/2024).

Pemilik akun media sosial Instagram @putrirzky._ mencontohkan destinasi seperti Taman Nasional Komodo yang harus dikelola dengan menjaga kelestarian alamnya. Selain itu, resor-resor yang mulai menggunakan energi surya, seperti Nihi Sumba adalah contoh nyata bagaimana pariwisata bisa berkontribusi pada pelestarian lingkungan. 

"Pemberdayaan masyarakat lokal, seperti di Desa Wisata Penglipuran di Bali, juga menjadi salah satu sorotan penting dalam konsep pariwisata yang ia usung. Putri yakin bahwa model ini akan memastikan pariwisata tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga menjaga keutuhan budaya dan lingkungan setempat," ujarnya.

Dalam konteks pariwisata Jawa Barat, Putri juga menyoroti beberapa destinasi yang telah mengimplementasikan konsep pariwisata berkelanjutan. Misalnya, Kampung Naga di Tasikmalaya yang tetap mempertahankan tradisi dan kelestarian lingkungan alaminya. 

"Geopark Ciletuh yang mengutamakan konservasi alam melalui inisiatif ramah lingkungan, serta Desa Wisata Cibuntu di Kuningan yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat lokal melalui pariwisata berbasis alam dan budaya, adalah contoh-contoh konkret yang Putri selalu angkat dalam kampanyenya," ungkapnya.

Sebagai pemenang utama Duta Pariwisata Indonesia 2024, Putri telah memulai berbagai kegiatan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia melalui inisiatif "Explore, Promote, Enjoy." Salah satu kegiatan nyata yang telah ia lakukan adalah kunjungan ke berbagai destinasi wisata di Indonesia untuk memperkenalkan keindahan negeri ini kepada dunia. 

"Di masa mendatang, saya dan tim berencana untuk terus mengunjungi lebih banyak tempat dan melakukan aksi nyata lainnya, seperti program yang melibatkan komunitas lokal dalam pengelolaan pariwisata berkelanjutan," imbuh Putri yang juga pernah meraih Best actrees Festival Film Purwakarta (kategori umum) 2022 dan Duta Universitas Negeri Jakarta 2022-2023.

Lebih jauh, anak keempat dari empat bersaudara ini juga mengajak generasi muda, terutama perempuan, untuk aktif terlibat dalam sektor pariwisata. Menurutnya, perempuan memiliki peran penting dalam membangkitkan ekonomi, melindungi lingkungan, dan memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia. 

"Ini adalah saat yang tepat untuk berinovasi, berkontribusi, dan berkolaborasi dalam menciptakan masa depan pariwisata yang lebih baik dan inklusif. Melalui peran ini saya berharap bisa menginspirasi lebih banyak orang untuk menjaga keseimbangan antara alam, budaya, dan pembangunan ekonomi demi kesejahteraan bersama," tandasnya. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.