https://jabar.times.co.id/
Berita

Kemenkumham Jabar Adopsi Paradigma Baru Corporate University, ASN Wajib Upgrade Skill

Rabu, 16 Oktober 2024 - 15:01
Kemenkumham Jabar Adopsi Paradigma Baru Corporate University, ASN Wajib Upgrade Skill Kemenkumham Jabar Adopsi Paradigma Baru Corporate University, ASN Wajib Upgrade Skill (Foto : Humas Kemenkumham Jabar)

TIMES JABAR, BANDUNG – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kemenkumham Jabar) memasuki era baru dalam pengembangan kompetensi yang berlangsung hari ini pada Rabu 16 Oktober 2024. 

Kegiatan kompetisi tersebut bertujuan agar ASN Kemenkumham Jabar secara resmi menerima sosialisasi Paradigma Baru Corporate University yang disampaikan langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM (BPSDM), Razilu.

Dalam sosialisasi yang digelar secara daring dan luring, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar, Masjuno, menyambut antusias program ini. Ia menekankan pentingnya pengembangan kompetensi bagi ASN dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Program ini sangat penting agar seluruh ASN di Kanwil Kemenkumham Jabar dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik," ujar Kakanwil Kemenkumham Jabar, Masjuno. 

Sementara itu, Kepala BPSDM, Razilu, memaparkan secara detail konsep Paradigma Baru Corporate University. Salah satu poin penting yang disampaikan adalah klasifikasi ASN menjadi sembilan tipe berdasarkan kinerja dan karakter. Klasifikasi ini bertujuan untuk merancang program pengembangan yang lebih personal dan efektif bagi setiap ASN.

"ASN bukan hanya pegawai, tapi juga aset utama organisasi," ucap Razilu. 

Ia menambahkan bahwa dalam paradigma baru, pembelajaran bukan lagi hak, melainkan kewajiban bagi setiap ASN. Setiap tahun, ASN diwajibkan mengikuti 20 jam pelatihan melalui berbagai metode, seperti pelatihan klasikal, coaching, mentoring, dan diskusi informal.

Lebih lanjut, Razilu menjelaskan bahwa metode pembelajaran di Corporate University sangat beragam, mulai dari pembelajaran formal, sosial, hingga pembelajaran dari pengalaman dengan tujuannya adalah untuk menciptakan ASN yang tidak hanya memiliki pengetahuan, tetapi juga memiliki keterampilan dan sikap yang sesuai dengan tuntutan zaman.

"Dengan adanya Paradigma Baru Corporate University, diharapkan ASN di lingkungan Kemenkumham Jabar dapat terus meningkatkan kompetensinya dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," katanya menandaskan.

Pewarta : Deni Supriatna
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.