https://jabar.times.co.id/
Berita

Kampanye Kreatif Cawawali Kota Bandung, Dhani Gaungkan Mental Health untuk Generasi Muda

Senin, 07 Oktober 2024 - 01:28
Kampanye Kreatif Cawawali Kota Bandung, Dhani Gaungkan Mental Health untuk Generasi Muda Calon Wakil Wali Kota Bandung, Ridwan Dhani Wirianata berkolaborasi dengan partai Prima gelar seminar mental health gratis untuk generasi muda Bandung (Foto : Deni Supriatna /TIMES Indonesia)

TIMES JABAR, BANDUNG – Calon Wakil Wali (Cawawali) Kota Bandung, Ridwan Dhani Wirianata melakukan kampanye kreatif dengan menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan mental (mental health) secara gratis, Minggu (6/10/2024) malam. 

Kampanye kreatif yang dihadiri puluhan generasi muda kali ini berlangsung di Tikita Coffee, Jalan Brigjen Katamso 19B, Bandung.

Selain melibatkan narasumber psikologi Fainna Safitri M. Psi Psikolog dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), kegiatan pemeriksaan mental health gratis tersebut turut diinisiasi partai Prima dengan tema 'Ngopi HADE' dan 'SMABA HD'. 

Calon Wali Kota Bandung, Ridwan Dhani Wirianata mengatakan bahwa kegiatan program mental health ini merupakan salah satu program visi misi dari pasangan HADE (Haru Suandharu - Ridwan Dhani Wirianata).

Bahkan pihaknya akan menyediakan tempat-tempat terbuka untuk bisa berdiskusi membahas permasalahan mental bagi generasi muda di Kota Bandung. 

"Program mental health ini merupakan salah satu bentuk penyelamatan untuk generasi muda kedepannya, dan program ini akan  dijalankan oleh pasangan HADE," ujar Dhani di lokasi. 

Meski demikian, kader Gerindra sekaligus mantan asisten pribadi Prabowo Subianto itu menilai generasi muda saat ini merupakan generasi yang hebat dan kreatif, tapi perlu adanya dukungan dan peran pemerintah dalam memberikan ruang edukasi serta penyuluhan. 

"Kadang ada orang pintar tapi mentalnya kurang. Tentunya hal itu menjadi perhatian penuh untuk itu kita siapkan tempat-tempat agar bisa berdiskusi dengan memberikan edukasi terhadap mental mereka," ucapnya. 

Menurut Dhani, program mental health akan diijalankan oleh pasangan HADE. Sebab telah tercantum di dalam visi misi kampanye Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. 

"Artinya, program mental health sudah tercantum di visi misi kita, dan pastinya kita jalankan," tuturnya. 

Dijelaskan Dhani, dalam program mental health untuk generasi muda akan terus melibatkan Partai Prima yang diketuai Reenaldi Rahadian. Pasalnya partai tersebut merupakan salah satu penggagas kegiatan. 

"Kang Renaldi perwakilan partai prima, adalah salah satu inisiator untuk program di visi misi kita, tentunya kami akan banyak melibatkan Partai Prima di program mental health," imbuhnya. 

Selain di Kota Bandung, Dhani menginginkan program mental health bisa dijalankan di seluruh Indonesia. Sebab permasalahan mental banyak terjadi dengan dipicu dari permasalahan keluarga maupun berbagai faktor lainnya. 

"Menurut saya, permasalahan mental health itu kan tidak hanya datang dari masalah keluarga, tapi bisa dari berbagai faktor eksternal juga. Ini harusnya menjadi perhatian bersama," tuturnya. 

Oleh karenanya, kata Dani, pihaknya akan kembali menggelar kegiatan program pemeriksaan mental health gratis secara terbuka yang bertempat di lingkungan Pemerintah Kota (pemkot) Bandung. 

"Nanti kita akan siapkan tempat-tempat terbuka mungkin di lingkungan Pemkot, kita punya banyak aset yang bisa digunakan untuk bisa mendukung program kita sesuai dengan visi misi yang sudah ada," katanya.

Sementara Ketua partai Prima Kota Bandung, Reenaldi Rahadian mengatakan, pembinaan mental health bertujuan agar generasi muda kota Bandung bisa mengoptimalkan diri untuk memiliki wawasan luas, mengaplikasikan nilai agama yang dianut, memiliki mental tangguh dan kreatif dalam melihat berbagi permasalahan. 

Menurut Reenaldi, sosok Dhani yang merupakan calon wakil wali kota Bandung itu dinilai peduli terhadap kesehatan mental generasi muda. Bahkan dirinya akan terus mengawal program mental health tersebut. 

"Dengan kegiatan ini, artinya visi misi dan janji kampanye pasangan HADE ini dapat dirasakan langsung secara nyata bahkan sebelum menjabat. Kita dari Partai Prima akan terus mengawal," ujar Reenaldi. 

Reenaldi berharap, kampanye kreatif ini dapat menjadi salah satu gerakan persuasive baik untuk warga kota Bandung. Sehingga mereka mengenal program pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung dari pasangan Haru - Dhani. 

"Kami berharap masyarakat nantinya akan memilih pasangan HADE sebagai pemimpin Kota Bandung, " ucapnya. 

Selanjutnya, kata Reenaldi, rumusan visi misi pasangan HADE diyakini dapat menjadikan  Kota Bandung sebagai kota kreatif dunia yang maju, agamis, sejahtera dan berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045. 

"Kami yakin pasangan HADE ini mampu membenahi Kota Bandung lebih baik dan mampu menyiapkan generasi muda untuk menyambut Indonesia Emas," katanya menandaskan. 

Untuk diketahui, pasangan Haru Suandharu - Ridwan Dhani Wirianata (HADE) maju di Pilkada 2024 Kota Bandung diusung sejumlah partai politik (Parpol) yang di antaranya PKS, Gerindra, PBB dan Partai Ummat. Sedangkan untuk nonparlemen ada Partai Prima, Perindo, Partai PPP dan PKN. (*)

Pewarta : Deni Supriatna
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.