https://jabar.times.co.id/
Berita

CEK FAKTA: Hoaks! Wilayah Cilacap, Wonogiri, Kebumen, dan Purworejo Terdampak Besar Gempa Megathrust

Kamis, 10 Oktober 2024 - 14:24
CEK FAKTA: Hoaks! Wilayah Cilacap, Wonogiri, Kebumen, dan Purworejo Terdampak Besar Gempa Megathrust Hoaks wilayah Jawa Tengah yang akan terdampak besar gempa megathrust.

TIMES JABAR, JAKARTA – Sebuah video yang diunggah di TikTok menyebutkan bahwa empat wilayah di Jawa Tengah yakni Cilacap, Wonogiri, Kebumen, dan Purworejo akan terdampak gempa besar megathrust. 

Bahkan, unggahan lain menyebutkan hingga 12 wilayah di Jawa Tengah berpotensi terdampak gempa tersebut.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“WILAYAH JAWA TENGAH YANG BERPOTENSI TERDAMPAK BESAR GEMPA MEGATHRUST CILACAP, WONOGIRI, KEBUMEN, PURWOREJO”

cekfakta-7.jpghttps://www.tiktok.com/@arbainwisnu/photo/7409682722140048645

Namun, benarkah klaim tersebut?

Penelusuran Fakta

Menurut penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi tersebut tidak benar. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memberikan penjelasan terkait potensi gempa megathrust yang sering kali menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. 

BMKG menyatakan bahwa informasi mengenai dampak gempa di empat wilayah tersebut bukan berasal dari BMKG dan tidak memiliki dasar ilmiah yang valid.
Sumber: Instagram/@infobmkg

Sebagai lembaga resmi yang bertugas memantau aktivitas gempa bumi, BMKG selalu menyampaikan informasi berdasarkan data ilmiah yang akurat. 

BMKG mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya dan menyarankan agar selalu merujuk pada informasi dari sumber resmi, seperti website BMKG atau aplikasi Info BMKG.

Kesimpulan

Klaim bahwa empat wilayah di Jawa Tengah, yakni Cilacap, Wonogiri, Kebumen, dan Purworejo, akan terdampak besar oleh gempa Megathrust adalah tidak berdasar.

BMKG menegaskan bahwa informasi tersebut tidak valid dan tidak berasal dari lembaga resmi. Informasi tersebut adalah disinformasi yang masuk dalam kategori konten menyesatkan atau misleading content. 

Tentang Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan sejumlah media dan komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim Cek Fakta TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected]. (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jabar just now

Welcome to TIMES Jabar

TIMES Jabar is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.